Stress Ditempat Kerja, Bagaimana Solusinya?
Tuesday, December 31, 2019
Add Comment
Stress merupakan sebuah perasaan manusia dalam sebuah
tekanan. Tekanan tersebut dapat datang dari berbagai aspek kehidupan. Seperti
halnya datang dari keluarga, pekerjaan, maupun juga kondisi ekonomi.
Sedikit stress dalam pekerjaan mungkin dapat memacu
andrenalin seseorang agar tetap fokus pada tujuan, bergarak selalu dinamis dan
juga menjadi tantangan untuk dapat diselesaikan. Setiap orang berbeda dalam merespon stress
tersebut. Ada yang menyalurkan kearah yang baik akan tetepi ada pula yang
meresponnya menjadi negatif. Sehingga kita selayaknya mewaspadai penyebab
stress dalam pekerjaan.
Secara umum penyebab stress dalam pekerjaan di sebabkan oleh
beberapa faktor. Diantaranya antara lain:
- Banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan
- Tidak adanya kesempatan untuk berkembang
- Kurangnya kepedulian atau pun konflik dengan teman kerja
- Pekerjaan kurang menantangTidak kontrol terhadap sebuah keputusan
- Gaji yang rendah
Dari beberapa stimulus stress tersebut dapat mengakibatkan
efek negatif pada diri maupun lingkungan sekitar. Pada diri sendiri dapat
mengganggu kesehatan seperti: kepala pusing, gangguan pencernaan, sukit tidur,
dan juga mendajadi emosi tidak stabil. Hal tersebut dapat menjadi efek yang
kurang baik bagi lingkungan kerja maupun keluarga saat pulang ke rumah.
Oleh karena hal tersebut, untuk mengontrol stress kerja
dapat dilakukan dengan cara:
1. Menjaga kesehatan dengan olahraga dan makanan bernutrisi
Saat Seseorang fokus pada pekerjaan, seringkali mengabaikan
kesehatan dengan pola makan yang kurang sehat maupun kurang tidur. Sehingga
menyebabkam gangguan kesehatan. Menjaga pola makan dan olah raga menjadi hal
yang dibutuhkan guna menyeimbangkan kesehatan yang sudah terganggu Juahi
nikotine maupun alkohol yang dapat menambah gangguannkesehatan.
2. Pergi bersantai
Rehat dari sebuah rutinitas merupakan pilihan yang bagus
guna meregangkan saraf tubuh yang kencang maupun dari pekerjaan otak yang telah
lama difokuskan pada pekerjaan. Bersantai dapat dilakukan sendiri maupun
berkelompok.
3. Manage teamwork
Dengan adanya tim kerja yang solid dan teratur akan
memudahkan seseorang melakukan pekerjaan. Karena management kerja yang bagus
dapat memunculkan mood yang bagus pula. So, selalu tebarkan semangat dalam
sebuah team work.
4. Membuat skala prioritas
Dengan management yang baik, diharapkan hasil kerja yang
baik pula. Kerjakan pekerjaan yang mempunyai skala prioritas tinggi namun tetep
kontrol terhadap pekerjaan yang lain.
0 Response to "Stress Ditempat Kerja, Bagaimana Solusinya?"
Post a Comment